My Friends

Welcome to my blog. have a nice day and happy reading

Selasa, 07 Juni 2011

Pohon Ajaib @Fiksi

 pohon ajaib

Dahulu kala di sebuah desa terpencil tinggallah beberapa keluarga. Mereka semua hidup tentram damai dan sejahtera. Mereka semua saling bergotong-royong dalam hal-hal positif dan saling menyayangi. Jika ada satu keluarga yang kesusahan pasti keluarga yang lain berlomba-lomba membantu dengan ikhlas. Mereka semua memiliki akal budi dan sifat sosial yang tinggi walaupun mereka semua tidak pernah mengenyam pendidikan selama hidupnya.

Suatu hari datanglah satu keluarga yang mewah pindahan dari kota kerajaan. Semua anggota keluarga ini hidup dalam kemewahan dan bergelimang harta. Mereka semua berfikir bahwa tiada hari tanpa uang, tiada apapun tanpa uang. Mereka selalu menghamburkan uang dengan foya-foya. Sejak saat itu semua penduduk di desa tersebut mengikuti kebiasaan keluarga baru tsb. Mereka bekerja keras mencari uang dan setelah mendapatkannya mereka buang dengan percuma. Tapi ada satu keluarga yang tidak mau mengikuti hidup mewah. Mereka adalah keluarga Pak Goldy. Mereka semua bekerja mencari kayu bakar di hutan dan belajar mengenal hewan dan tumbuhan hutan.

Suatu hari anak Pak Goldy menemukan sebuah pohon kecil yang berdaun emas, berbuah besi dan berbunga perak. Ia tidak tahu kalau itu pohon ajaib. Ia bertanya kepada Pak Goldy bahwa pohon itu boleh dibawa pulang tapi Pak Goldy tidak memperbolehkan karena Pak Goldy dan keluarganya percaya kalau semua pohon hewan dan benda benda di hutan tidak boleh dibawa pulang karena akan terjadi bencana besar. Anak itu tetap merengek mau membawa pohon itu pulang ke rumahnya tetapi Pak Goldy tetap pada pendiriannya. Akhirnya anak itu menurut dan ia tetap akan merawat tumbuhan hutan itu di hutan. Sejak saat itu anak Pak Goldy yang bernama Ozy itu merawat tumbuhan itu dengan sepenuh hati. Selain tumbuhan itu berbunga,berbuah,dan berdaun ajaib, tumbuhan itu juga bisa berbicara bahasa manusia tetapi tidak semua manusia yang bisa berbicara padanya. Setiap Ozy hendak pulang, pohon itu menjatuhkan daun emasnya itu untuk Ozy bawa pulang. Pak Goldy pun sangat senang. Tapi mereka semua tetap hidup sederhana dan daun pemberian pohon ajaib mereka persembahkan kepada raja untuk kemakmuran rakyat kerajaan dan untuk membeli pohon-pohon kecil untuk ditanam di hutan. Tapi tak seorang pun penduduk desa tahu akan jasa keluarga Pak Goldy.

Suatu hari datanglah 2 orang pengawal raja. Mereka bertanya kepada salah seorang penduduk desa. “maaf pak, ini benar desa tempat tinggal Pak Goldy?” “ benar pak. Bapak-bapak ini ada perlu apa dengan Pak Goldy yang miskin itu? Mending sama saya saja” kata penduduk desa tadi dengan sombongnya. “Maaf pak, saya kesini diutus raja untuk mencari Pak Goldy” kata seorang pengawal raja. Penduduk desa tadi menunjuk adiknya. Dia menyuruh adiknya menyamar menjadi Pak Goldy. Ia memaksa supaya adiknya itu mau dibawa ke istana.

Sesampai di istana, Pak Goldy palsu ditanyai beberapa pertanyaan seputar pohon ajaib yang ditemukan oleh Ozy. Pak Goldy palsu tidak bisa menjawab. Ia bingung karena ia sama sekali tidak tahu kalau Pak Goldy menemukan pohon ajaib. Raja Arif yang terkenal sangat bijaksana itupun mencoba bertanya apa pekerjaan Pak Goldy palsu. Pak Goldy palsu menjawab dengan jujur karena ia takut nanti tidak bisa menjawab lagi. Ia berkata kepada raja bahwa ia seorang tukang. Raja mulai tidak mengerti akan keadaan ini. Ia pun bertanya siapa nama Pak Goldy palsu dan Pak Goldy Palsu mengaku kalau ia bernama Pak Rio dan ia adalah adik penduduk desa yang ditanyai oleh 2 pengawal utusan raja. Akhirnya raja mengutus pengawal raja untuk mengantar Pak Rio pulang ke desanya dan menjemput Pak Goldy dan keluarganya untuk tinggal di istana.

Saat Pak Rio sampai di desa asalnya, pengawal raja yang sudah sedikit mengenal Pak Goldy itu pun mencari rumah Pak Goldy. Ia menemukan keluarga Pak Goldy yang sedang beristirahat di rumahnya yang hanya gubug Reot. Pengawal raja mengajak Pak Goldy dan keluarganya pindah ke istana tetapi Pak Goldy menolak meninggalkan hutan yang telah menghidupinya bersama keluarga selama ini. Pengawal raja merayu dengan semua jurus merayu. Akhirnya Pak Goldy mau pergi ke istana. Sesampainya di istana, Ozy menangis dan merengek ingin bermain dengan pohon ajaib, Pak Goldy pun ingin pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar lagi. Raja yang sangat bijaksana itupun memperbolehkan Pak Goldy dan anaknya ke hutan tetapi nanti mereka harus kembali ke istana. Mereka menyanggupi kesepakatan itu.

Sesampainya di hutan, Pak Goldy dan Ozy mencari pohon ajaib dan berterima kasih kepada pohon ajaib. Mereka terkejut melihat pohon ajaib yang berubah wujudnya menjadi seorang putri yang sangat cantik jelita. Putri itu adalah sahabat pangeran Alvin yang kasihan melihat keadaan desa Pak Goldy dan sekarang desa itu sudah memiliki penyelamat dan tugas putri telah selesai. Pak Goldy kembali ke istana dan memohon kepada raja agar raja mengeluarkan peraturan untuk menjaga hutan yang telah menghidupi kekuarga Pak Goldy selama ini agar tercipta keindahan yang kekal.

Sejak saat itu penduduk desa berlomba menjaga hutan agar selalu kekal abadi. Tapi sekarang orang berlomba untuk merusak hutan. Entah kapan pasti akan terjadi bencana yang dikhawatirkan Pak Goldy dan keluarganya karena alam akan marah akibat ulah manusia. Semoga saja bencana itu tidak mengakibatkan kerusakan yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar